Apel Pertama, Gubernur Ingatkan PNS Pelayan Masyarakat

Apel Pertama, Gubernur Ingatkan PNS Pelayan Masyarakat

\"RIO-GUB

BENGKULU, BE - Meski sudah resmi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu sejak 12 Februari lalu, namun Dr H Ridwan Mukti MH dan Dr H Rohidin Mersyah MM masuk ke kantor, kemarin (18/2).

Kantor Gubernur Bengkulu yang beralamat di Padang Harapan, Kota Bengkulu sejak pagi kemarin mendadak ramai. Biasa yang mengikuti apel hanya para para pejabat, PNS dan honorer di lingkungan Sekretariat Pemprov saja, namun kali ini juga dipadati oleh para pejabat eselon II se Pemprov. Apa pasal? Gubernur Ridwan Mukti dan Wakilnya Rohidin Mersyah hadir untuk pertama kalinya dalam apel pagi tersebut. Para pegawai pun tampak berlarian.

Selain karena terlambat, juga mereka ingin melihat langsung gubernur dan wakil gubernur dari jarak dekat. Dalam kesempatan itu, RM mengapresiasi adanya apel yang dilakukan setiap pagi tersebut, karena baginya hal tersebut dapat melatih kedisiplinan. Pun begitu, RM juga mengajak seluruh pegawai untuk meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja. \"Jika selama ini ada yang masih bermalas-malasan, mulai hari ini saya harap rasa malas itu tidak ada lagi,\" pintanya.

Selain itu, mantan Bupati Musirawas 2 periode itu juga meminta agar para pegawai memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan tidak mengulur-ulur waktu apalagi sampai menghambat pelayanan. Menurutnya, PNS adalah pelayan masyarakat sehingga harus melayani masyakat dengan baik, ramah dan sepenuh hati. \"Masalah pelayanan ini sering kali dikeluhkan masyarakat, kedepan saya minta tidak ada masyarakat yang merasa tidak puas dengan pelayanan para pegawai.

Kalau bisa dipermudah, kenapa dipersulit karena sekarang bukan zamannya lagi untuk berbelit-belit dalam urusan pelayanan,\" ungkapnya. Tak ketinggalan juga RM minta dukungan dari seluruh pejabat dan PNS untuk menjalankan program serta merealisasikan janji-janjinya saat berkampanye beberapa waktu lalu, seperti pembenahan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, mengentaskan kemiskinan dan sederet program pembangunan lainnya. Setelah apel tersebut, RM didampingi Rohidin dan Pelaksana tugas (Plt) Sekda Drs H Sumardi MM pun langsung mengumpulkan seluruh pejabat eselon II dan menggelar rapat

tertutup di Ruang Rapat Lantai II Kantor Gubernur. Rapat tertutup ini berlangsung sekitar jam. Informasi yang dihimpun BE menyebutkan dalam rapat tersebut gubernur meminta semua pejabat eselon II khususnya para kepala Dinas, Satuan, Badan dan para kepala Biro mengenai visi dan misinya. Para kepala SKPD itu diminta untuk merealisasikan visi dan misi tersebut dengan program nyata dan tidak lari Nawacita Presiden Ir Joko Widodo. Dalam kesempatan itu, RM juga

meminta para pejabat memaparkan programnya yang sudah disusun dan sudah dianggarkan melalui APBD Tahun 2015 ini. \"Ini rapat umum, kita mau orientasikan dulu dengan gubernur dan wakil gubernur yang baru terutama untuk mensingkronkan dengan program kami dan janji-janji saat kampanye lalu,\" kata RM.

Menurutmantan Anggota DPR RI ini, ia dan wakilnya mengarahkan para kepala SKPD agar memiliki tujuan dan pandangan yang sama dalam pembangunan. \"Saya minta bagaiman nanti mereka (para kepala SKPD,red) menjabarkan visi dan misi pembangunan, kalau sudah selaras , maka berikutnya tinggal konsolidasi anggaran,\" bebernya. RM berprinsip, program yang harus dijalan tersebut harus selaras dengan promgram pusat, demikian juga dengan program bupati/walikota harus selaras dengan program gubernur dan pemerintah pusat. \"Makanya dibutuhkan singkronisasi agar pembangunan dapat berjalan dengan baik, dan bukan berjalan sendiri-sendiri,\" demikian RM.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: